Code Banner "Materi Tauhid"
Code Banner "Say No! To Terrorism!"

26 Februari 2010

Makna 2 kalimat Syahadat

Fatwa Lajnah Daimah
( Fatwa no. 6149 juz I hal. 86-87 )

بسم الله الرحمن الرحيم

س :  أريد تفسير كلمة (لا إله إلا الله محمد رسول الله
ج :   شهادة (أن لا إله إلا الله) و (أن محمدا رسول الله) هي الركن الأول من أركان الإسلام، ومعنى (لا إله إلا الله): لا معبود بحق إلا الله، وهي نفي وإثبات. (لا إله) نافيا جميع العبادة لغير الله، (إلا الله) مثبتا جميع العبادة لله وحده لا شريك له، ونوصيك بمراجعة كتاب [فتح المجيد شرح كتاب التوحيد] تأليف الشيخ عبد الرحمن بن حسن لأنه قد بسط الكلام في ذلك في باب تفسير التوحيد وشهادة ألا إله إلا الله.
وأما كلمة (محمد رسول الله) فمعناها: الإقرار برسالة محمد صلى الله عليه وسلم والإيمان بها والانقياد لها قولا وفعلا واعتقادا، واجتناب كل ما ينافيها من الأقوال والأعمال والمقاصد والتروك، وبعبارة أخرى معناها طاعته فيما أمر وتصديقه فيما أخبر واجتناب ما نهى عنه وزجر وأن لا يعبد الله إلا بما شرع.
وبالله التوفيق. وصلى الله على نبينا محمد، وآله وصحبه وسلم .
اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
عبد الله بن قعود-عضو... عبد الله بن غديان -عضو...عبد الرزاق عفيفي - نائب رئيس اللجنة... عبد العزيز بن عبد الله بن باز- الرئيس

Terjemah dalam Bahasa Indonesia sebagai berikut,

Tanya : Saya ingin mengetahui makna kalimat "Laa ilaha illallah Muhammadur Rasulullah"   (لا إله إلا الله محمد رسول الله).
Jawab :
- Syahadat (أن لا إله إلا الله) dan (أن محمدا رسول الله) merupakan  rukun pertama dari rukun-rukun Islam dan makna لا إله إلا الله adalah : Tidak ada sesembahan yang benar kecuali Allah di dalamnya terkandung adanya penafian (peniadaan) dan penetapan (itsbat).
لا إله mengandung penafian (peniadaan) terhadap semua peribadatan kepda selain Allah.
 إلا الله mengandung penetapan (itsbat) terhadap semua peribatan hanya untuk Allah semata dan tidak ada sekutu bagi-Nya.
Dan kami nasihatkan kepada kalian untuk mempelajari Kitab "Fathul-Majid Syarah Kitabut-Tauhid" karya Asy-Syaikh Abdurrahman bin Hasan, karena beliau telah memberikan penjelasan yang terperinci dalam masalah ini dalam Bab Tafsir Tauhid dan penjelasan ma'na لا إله إلا الله.
- Adapun Makna Syahadat (محمد رسول الله) adalah : Mengakui terhadap kerasulan Muhammad -shalallahu 'alaihi wa sallam- dan beriman kepada kerasulan beliau, tunduk terhadap risalahnya baik dalam ucapan, amalan dan keyakinan dan menjauhi segala yang di larangnya baik berupa ucapan, amalan, metoda dan thoriqoh. 
Dalam istilah lain pengertiannya adalah : Menta'atinya dalam segala yang diperintahkannya, membenarkan berita-berita yang dibawanya, menjauhi apa yang dicegah dan dilarangnya dan janganlah beribadah kepada Allah kecuali dengan apa yang telah disyariatkannya.
Wabillahi Taufiq...Semoga shalawat dan salam bagi Nabi kita Muhammad -shallallahu 'alaihi wa sallam- beserta keluarganya dan Shahabatnya .

Lajnah Daimah Lil Buhutsil Ilmiyah wal Ifta'

'Abdullah bin Qu'uud (Anggota), 'Abdullah bin Ghudyan (Anggota), 'Abdur-Razaq 'Afifi (Wakil Ketua), 'Abdul-'Aziz bin 'Abdullah bin Baz (Ketua).

Diterjemahkan oleh : Abu Harits Faishal

2 comments:

Nova Imoet mengatakan...

tulisan yang bagus...
mantap...

Ittibausalafpress mengatakan...

@Nova I:
Barakallahu fiik.

Silahkan baca juga :