Code Banner "Materi Tauhid"
Code Banner "Say No! To Terrorism!"

04 Juli 2009

Nasehat Untuk para blogger

Nasehat Bagi Para Pengelola dan Pengunjung Situs Web Media Dakwah

Oleh Ustadz Muhammad Umar As-Sewed Hafidzahullah

Manusia kadang berlebihan dalam masalah ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), bahkan kadang menganggapnya lebih penting dari pada ilmu agama. Atau malah sebaliknya, memusuhinya dan menjauhinya, seakan-akan haram. Padahal iptek dan penemuan-penemuan teknologi adalah perkara mubah, tidak terkait dengan pujian atau celaannya kecuali pada pemanfaatannya.
Saya masih ingat ketika Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin رحمه الله ditanya tentang iptek.
Maka beliau menjawab: "Laa yudzammu mutlaqan wa laa yumdahu mutlaqan" (tidak tercela secara mutlak, tidak pula terpuji secara mutlak".)
Yakni setiap penemuan teknologi memiliki 2 sisi penggunaan: dapat digunakan untuk kebaikan atau bahkan sebaliknya dapat digunakan untuk sarana kejelekan. Demikian pula dengan telah ditemukannya jaringan internet, ia telah menjadi sarana berbagai macam kebejatan moral, kekufuran dan sarana penyebar kebid'ahan-kebid'ahan dan lain-lain. Namun di sisi lain ia dapat digunakan pula sebagai sarana penyebar dakwah, hingga mempermudah tersebarnya dakwah Salafiyah Ahlus Sunnah wal Jama'ah.
Jaringan yang luas yang dapat dibuka dan dibaca oleh pembaca di seluruh dunia, maka kita harapkan pada pengelola www.salafy.or.id (atau situs dakwah salafy lainnya -ed) agar benar-benar menjadikan situsnya sebagai sarana mengenalkan dakwah salafiyah agar ilmu iptek kalian menjadi bermanfaat dan terpuji.
Di samping itu karena nama salaf begitu tinggi, maka hendaklah situs salafi ini menonjolkan sisi ilmiahnya daripada kesan emosional atau hawa nafsu, sehingga kaum muslimin mendapatkan faedah dan dapat mengenal ciri khas dakwah salafiyah yaitu beramal dengan ilmu dan berbicara dengan ilmu.
Kalaupun tulisan-tulisan dalam situs ini tetap mengandung dua bentuk 'ard (pemaparan) dan radd (bantahan) namun dituangkan secara ilmiah dengan dalil-dalil yang syar'i. Mengenalkan tauhid, aqidah ahlus sunnah, prinsip-prinsip sunnah, fiqih, ibadah, akhlak berdasarkan al-Qur'an dan sunnah dengan pemahaman salaf serta membantah aqidah sesat, kufur, pemahaman bid'ah, kesalahan fiqh secara ilmiah pula berdasarkan dalil-dalil syar'ie dan ucapan para ulama. Oleh karena itu untuk ke depan tidak ada tulisan yang masuk, kecuali setelah mendapatkan bimbingan dan persetujuan dari para asatidzah khususnya yang menjadi team pembina situs ini.
Semoga juhud (kesungguhan upaya) kalian para pengelola situs ini mendapatkan balasan pahala yang berlipat-lipat demikian pula para penulis dan pembacanya. Semoga Allah terus memberikan taufik dan hidayah-Nya serta menjadikan kita tetap istiqamah di atas tauhid dan sunnah.)*

)* Keterangan (admin)

"Tulisan ini sebenarnya kami temukan secara tidak sengaja di data-data tahun kesatu, kedua dan ketiga bulettin Risalah Dakwah Manhaj Salaf, Ma'had Dhiyaussunnah-Cirebon. Tidak sengaja karena pada tahun-tahun tersebut, penulisan bulettin tidak kami tangani, baru setelah tahun keempat dan kelima ini kami yang mengelola. Kemudian ketika sedang bersih-bersih data untuk kami kelompok-kelompokkan sebagai bahan materi dakwah di web Ma'had yang sekarang sedang kami susun juga, kami menemukan tulisan ini.
Tulisan ini disusun oleh Ustadz Muhammad Umar As-Sewed pada tanggal 01 Januari 2002 diperuntukkan pengelola website salafy.or.id, kami belum mengecek apakah di situ salafy.or.id sudah di muat atau belum. Akan tetapi karena melihat isi dari nasehat ini yang sangat berharga di tambah lagi Ustadz Muhammad menukilkan nasehat tentang iptek ini dari guru beliau secara langsung ketika beliau duduk belajar di hadapan Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin -Rahimahullah- (sehingga InsyaAllah sanadnya 'Ali, hehe...kaya Ahlul hadits saja??!)...maksud kami sekali lagi karena melihat isi nasehat ini yang sangat bermanfaat -khususnya bagi para admin, blogger, atau para pengguna media di dunia maya untuk berdakwah di jalan Allah-.
Sehingga -tanpa bermaksud berlebih-lebihan- bak menemukan emas atau harta karun, akhirnya kami meminta izin kepada Al-ustadz Muhammad Umar As-Sewed -Hafidzahullah- untuk menerbitkan nasehat ini di web Ma'had dan blog kami ini, walhamdulillah beliau mengizinkan, namun beliau minta agar redaksinya tidak dirubah dari tulisan aslinya.
Akhirnya kami pada hari ini (04 Juli 2009 M/ 11 Rajab 1430 H) mulai memposting tulisan ini di web Ma'had Dhiyaussunnah dan blog ini. Besar harapan kami agar nasehat ini bisa bermanfaat bagi semua pengguna media dakwah di dunia maya ini.
Dan bagi antum sekalian yang mau mengambil nasehat ini, kami persilahkan untuk mengcopy-nya, namun harus tetap menjaga amanah dengan tidak merubahnya dan tetap mencantumkan sumber pengambilan nasehat ini, barakallahu fiikum..semoga bermanfaat."

2 comments:

abuzahrakusnanto mengatakan...

Assalamu’alaikum,
Salam kenal …akhi..
boleh tidak link dengan blog ana
Jazakallahu khairon,
Wassalam
http://abuzahrakusnanto.wordpress.com/

Ittibausalafpress mengatakan...

Wa'alaikum salam...
Afwan akhi ana lihat blog antum banyak sekali gambar makhluk bernyawa.

Silahkan baca juga :