Code Banner "Materi Tauhid"
Code Banner "Say No! To Terrorism!"

09 Oktober 2009

Perpindahan pengetikan dari Keyboard Inggris ke Arabic

Menyambung pada postingan sebelumnya tentang meng-arabkan windows, hasil dari beberapa pertanyaan yang masuk kepada kami. Diantaranya ada yang bertanya ; "Pake software apa supaya bisa nulis arab di mozilla? seperti pertanyaan ini, atau ada juga pertanyaan ; "Bagaimana cara mengatur perpindahan ketikan dari bahasa inggris ke arab pada waktu ngetik di notepad atau lainnya?
Maka pada kesempatan ini kami ingin melanjutkan penjelasan beberapa masalah tambahan yang berkaitan dengan penulisan arabic dan perpindahan keyboard dari bahasa Inggris (default-nya) ke bahasa arab secara otomatis dan mudah.Caranya sebagai berikut:
Langkah pertama windows anda harus bisa di setting dengan bahasa Arab, jika belum ikuti langkahnya disini.
Setelah windows anda bisa berbahasa arab yang ditandai dengan telah munculnya keyboard arabic di "text service and input languages" pada menu "language and regional options" di "control panel" windows anda, maka anda tinggal mengetahui letak abjad arab di keyboard anda serta menghapalkannya dan mengatur perpindahan bahasa dari english ke arab ketika anda mengetik.
Untuk mengetahui letak abjad arabic di keyboard anda caranya sebagai berikut:
1. Klik "Start- All Programs- Accesories- Accessibility- On Screen Keyboard", maka akan muncul tampilan visual keyboard default english seperti di bawah ini;2. Setelah muncul tampilan visual keyboard tersebut yang masih berbahasa inggris, maka untuk merubah tampilannya menjadi abjad berbahasa arab tekan "Alt+Shift", akan muncul tampilan berbahasa arab seperti ini;
3. Untuk mengetahui dan menampilkan letak harokatnya tekan tombol "Shift" pada keyboard, akan muncul visual sepeti ini:
Adapun untuk melakukan perpindahan otomatis ketika anda mengetik, atau saat anda menulis di word office atau di notepad atau lainnya, silahkan tekan "Alt+Shift", maka otomatis akan terjadi perubahan abjad pada keyboard dari inggris menjadi arab atau sebaliknya. Hal ini bisa kita ketahui dengan munculnya pergantian kode bahasa di "taskbar" kanan bawah dari "EN" (English) menjadi "AR" (Arabic), lihat gambar di bawah ini:Untuk memberikan harokat pada tulisan arab, anda tinggal menekan "Shift+...", misalanya harokat "Fathah" tekan "Shift+q", harakat "Tanwin" tekan "Shift+w", harokat "Kasroh" tekan "Shift+a", harokat"Sukun" tekan "Shift+x", harokat "Tasdid" tekan "Shift+~, dan lain-lain sesuai dengan letak harokat pada keyboard gambar 3 diatas.
Demikian tambahan penjelasan tentang tips menulis dan mengetik arab di windows, semoga beranfaat. Wallahu a'lam...
Abu Harits Faishal.

4 comments:

ummu rofiif mengatakan...

Bismillah.
kaifa haluk?
Jazakillah khoir ya mba infonya,bermanfaat..

Rudi mengatakan...

Assalamu 'alaikum..
Betul..betul betul..Mas Abu Alhamdulillah infonya sudah saya praktekkan..makasih ya..jjadi bisa ngetik arab nih sekarang.

Ummu Harits mengatakan...

@Ummu Rofiif
Alhamdulillah bikhair um..
Barakallahu fiikum.

Ittibausalafpress mengatakan...

@Rudi
Ya mas sama-sama...Walhamdulillah jika bisa dimanfaatkan.

Silahkan baca juga :