Code Banner "Materi Tauhid"
Code Banner "Say No! To Terrorism!"

01 Oktober 2009

Cara Meng-Arabkan Windows

Sehubungan dengan sering munculnya pertanyaan beberapa ikhwan baik langsung atau melalui email atau melalui komentar di blog ini, tentang bagaimana caranya supaya windows kita bisa memunculkan tulisan atau bacaan arabic. Hal itu dibutuhkan agar beberapa program seperti Holy Qur'an atau program hadits seperti Maktabah Syamilah misalnya, bisa di jalankan di windows dengan baik.
Maka karena kebetulan kami sehari-harinya memiliki sampingan service dan seting software komputer, Alhamdulillah tentang masalah ini telah kami pahami. Dan pada kesempatan ini kami ingin membagikan pengalaman tersebut melaui artikel kali ini.
Menampilkan tulisan arabic pada windows seperti windows 98, harus menggunakan windows installer yang khusus support arabic language, bisa menggunakan windows arabic 98 lokal yang khusus menampilkan tulisan arabic saja atau bisa juga menggunakan windows 98 arabic enable yang bisa menampilkan default bahasa english dan arabic sekaligus.
Namun sejak di luncurkannya windows xp dan seterusnya (vista/windows 7), kita cukup menggunakan satu windows installer saja (tidak perlu windows installer khusus yang bisa bahasa arab). Tinggal kita atur saja pada setingan pemilihan bahasa ketika proses instal berlangsung atau dirubah pada setingan bahasanya di control panel jika windows sudah terlanjur terinstal tanpa bahasa arab.
Adapun langkah-langkah meng-arabkan windows xp kita yang saat ini hanya baru bisa berbahasa inggris, adalah sebagai berikut;
1. Pada windows anda (windows xp misalnya), klik start-klik Control Panel.2. Klik Date, time, language and regional options-klik language and regional options.3. Muncul kotak menu pilihan Regional options , languages , advanced. Pilih languages, lalu centang install files for complex script and right-to-left languages (including thai).Klik apply4. Siapkan CD installer windows xp. Kemudian masukkan cd windows installer tersebut ke dalam drive cdroom atau dvdroom anda. Karena pada proses ini biasanya system windows minta data dari pogram windows installernya.
5.Setelah terinstal, klik details, klik add, pilih arabic (saudi arabia) pada input language:, klik ok,6. Setelah itu muncul pada jendela "text service and input languages" adanya keyboard arabic. Ini menandakan windows anda sudah support bahasa arab, setelah itu klik apply, lalu restrart komputer.Selamat mencoba.
Pertanyaan :
1. Akhi ana sudah menjalankan proses itu, tapi ketika menulis di word atau lainnya kok abjadnya bisa bahasa arab tapi angkanya belum bisa bahasa arab, gimana caranya?
2. Akhi ana sudah menjalankan sesuai langkah-langkah tadi, tapi program Holy Qur'an dan Maktabah Syamilah tampilan tulisannya berantakan dan bukan bahasa arab, apa solusinya?
Jawaban :
Untuk pertanyaan 1, ikuti langkah berikut;
1. Pada jendela "Regional and languages options" klik "regional options".
2. Pada "standars and formats" (untuk pengaturan format nomer, waktu dan tanggal) pilih "arabic (saudi arabia)" lalu apply dan ok.Untuk pertanyaan 2, ikuti langkah berikut;
1. Pada jendela "Regional and languages options" klik "advanced".
2. Pada "language for non-unicode programs", pilh arabic (saudi arabia) klik apply, ok dan restart komputer anda.3. Jika pada program Holy Qur'an dan Maktabah Syamilah masih bermasalah setelah restart komputer. Lakukan penginstalan ulang pada program-program Holy Qur'an dan maktabah syamilah anda agar menyesuaikan dengan "language for non-unicode programs" yang tadi di setingkan.
Kurang lebih demikian...Wallahu a'lam...Semoga bermanfaat.

0 comments:

Silahkan baca juga :