Code Banner "Materi Tauhid"
Code Banner "Say No! To Terrorism!"

16 November 2009

Kajian MP3 : عقوق الولدين (Durhaka Kepada Orangtua)

Ulasan kajian:
Judul : عقوق الولدين
( Durhaka Kepada Orangtua ) 1 & 2
Pemateri : Ustadz Muhammad Irfan
Format File : Mp3

Ukuran file :
Durhaka pada orang tua-1 : 3,698 Kb
Durhaka pada orang tua-2 : 2,981 Kb
Durasi :
Durhaka pada orang tua-1 : 00:31:33 menit
Durhaka pada orang tua-2 : 00:25:25 menit
Link Download kajian :
Durhaka pada orang tua-1 klik
disini )*
Durhaka pada orang tua-2 klik disini )*
)* Saran : Link-link download mp3 tersebut tersimpan di Ziddu.com. Akan lebih baik, jika antum mendaftar dulu di Ziddu.com, silahkan klik DISINI untuk mendaftar (gratis).

Isi Kajian (secara ringkas) :
Dalam Kajian ini Al-UIstadz Muhammad Irfan membahas tentang pengertian dan dalil-dalil keutamaan berbuat baik kepada orangtua dan larangan berbuat durhaka kepada keduanya.
* Diantara pengertian عقوق الولدين (Durhaka Kepada Orangtua) adalah mengingkari perbuatan baik dari orang tua dan berbuat jelek kepada orangtua. Artinya dia tidak mengakui semua perbuatan baik orangtuanya kepada dia dan dia berbuat jelek kepada kedua orangtuanya.
* Diantara perintah untuk berbuat baik kepada orangtua dan larangan durhaka kepada keduanya:
وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا-الإسراء 23
وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا-الإسراء 24
Artinya :
"Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia". (Al-Israa':23)
"Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Rabbku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil". (Al-Israa':24)
*Pada ayat tersebut terdapat ;

وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا
- Larangan beribadah kepada selain Allah dan larangan durhaka kepada kedua orangtua. Dan digandengkannya larangan durhaka kepada kedua orangtua setelah larangan syirik menunjukkan bahwa durhaka merupakan dosa besar yang paling besar setelah syirik.
- Anjuran berbuat baik kepada orangtua yaitu dengan memberikan kebaikan, berlemah lembut dan berlunak hati kepada keduanya baik dalam ucapan ataupun perbuatan.

إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا
- Ketika kedua orangtua kita atau salahsatu dari mereka telah lanjut usia (yang terkadang mereka berbuat seperti anak kecil lagi), hendaknya kita bersabar terhadap keduanya dan tetap berbuat baik kepada keduanya. Jangan sampai terlontar ucapan yang kasar bahkan ucapan kasar yang paling ringan sekalipun seperti uf atau ah..
- Hendaklah kita membantu atau mengurusi mereka sebagaimana kita ketika kecil diurusi dan dipelihara mereka.
--> Namun yang hendaknya menjadi catatan adalah satu amalan kebaikan yang sama yang diberikan seorang anak kepada orangtuanya tidak akan menyamai kebaikan dari amalan kebaikan yang sama pula yang dilakukan orangtua terhadap anaknya. Bahkan terkadang sangat beda kedudukan amalan tersebut.
Misalnya seorang ibu ketika mengurusi anaknya yang masih bayi, ketika si bayi buang air besar, kemudian dengan kasih sayang si ibu membersihkan kotorannya, sambil terbertik di pikirannya dengan berharap agar buah hatinya itu hidup dan semakin besar dalam keadaan bahagia.
Namun saat si ibu sudah lanjut usia yang terkadang berkelakuan seperti anak kecil lagi, misalnya tidak bisa buang air besar sendiri dan lain sebagainya, sehingga si anak yang harus mengurusinya, ketika si anak membersihkan kotorannya terkadang terbertik di pikirannya pertanyaan, kapan orangtuanya akan meninggal..
وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا
- Anjuran agar kita berucap dengan ucapan yang baik dan lembut, jangan berucap kasar atau bahkan membentak mereka.

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ
- Menjaga sikap terhadap keduanya dengan merendah diri dan penuh kasih sayang.

وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا
- Selalu mendoakan kedua orang tua kita dengan do'a " رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا ".

* Masih banyak lagi dalil-dalil bisa antum simak dalam kajian ini baik dari Al-Qur'an dan Hadits shahih yang menjelaskan tentang keutamaan berbuat baik dan larangan durhaka kepada kedua orangtua.
* Dalam kajian ini juga di sampaikan beberapa hadits Dhaif dan tidak ada asalnya yang berkenaan dalam pembahasan ini, salahsatu diantaranya adalah :

الجنة تحت من أقدم الأمهات
" Surga berada di bawah telapak kaki ibu". ( لا أصل له - Tidak ada asalnya)
Dan masih banyak lagi faedah yang bisa antum ambil dari kajian ini, Wallahu a'lam semoga bermanfaat.
Abu Harits Faishal

0 comments:

Silahkan baca juga :